Pengaruh Kompetensi, Integritas Dan Independensi Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah Studi Empiris Pada Kantor BPKP Provinsi DKI Jakarta

  • Emmanuel Mantero
  • Rahmahesa
Keywords: Kompetesi, Integritas, Independensi, Kinerja Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, integritas dan Independensi terhadap kinerja auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi DKI Jakarta. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel independensi terhadap kinerja auditor, ditunjukkan dengan nilai signifikansinya sebesar 0.005. dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kompetensi dan integritas, ditunjukkan dengan nilai signifikansinya sebesar 0,758 dan 0,152. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kompetensi, integritas dan independensi terhadap kinerja auditor, ditunjukkan dengan nilai signifikansinya sebesar 0,12. Sedangkan hasil analisis determinasi diperoleh koefisien sebesar 0,293 atau 29,30% yang menunjukkan besarnya pengaruh variabel kompetensi, integritas dan independensi terhadap kinerja auditor.

Published
2021-09-28
Section
Articles